Belajar mengalir brader!

Baru saya sadari lho pembaca, tulisan perdana di blog ini yang saya buat 3 hari lalu ternyata jauh dari bagus. Awalnya, di blog ini saya ingin meningkatkan kemampuan saya menulis. Situ mungkin sudah tahu kalo di blog saya yang terdahulu, tulisannya nggak genah. Ndak kfenagh sangadh mbuat di baca. 

Lhadalah, setelah saya baca lagi tulisan itu ternyata nggak karuan. Dari pemilihan judul yang tidak tepat sampai dari ide utama tulisan. Bias ya, saya seperti membuat tulisan yang pokok utamanya tidak jelas. Ya, namanya juga belajar. Betul? 

Eh ini, ada tulisan yang saya kopas dari blog saya yang di dagdigdug. Semoga menghibur. 

Tulisan yang mengalir

Seorang bloger pasti sadar kalo tulisannya pasti suatu saat ada yang baca. Entah nyasar karena diarahkan situs pencari atau cara lainnya. Maka seorang bloger harus sadar untuk membuat tulisan yang enak dibaca. Tulisan yang membuat si pembaca merasa betah untuk menyelesaikan membaca tulisan sampai tuntas.

Karena ini bukan blog kumpulan tips ngeblog, maka saya akan memaparkan seperti apa tulisan yang enak dibaca itu berdasarkan kacamata saya sebagai bloger yang kebanyakan membaca blog dibanding menulis blog. 

Bagi saya tulisan yang enak dibaca itu salah satu contohnya adalah tulisan yang mengalir. Artinya isi tulisan dituliskan dengan alur yang rapih, tidak meloncat-loncat sehingga isi dari tulisan mudah dipahami walaupun topik yang dibahas kompleks. Pada paragraf pertama kita diberikan semacam prolog ringan mengenai tulisan yang akan dibahas , dilanjutkan dengan pembahasan topik utama yang minim istilah-istilah rumit yang memudahkan pembaca mengerti isi tulisan. Kadang disertai juga analogi-analogi sederhana untuk sesuatu yang sangat kompleks. 

Jangan pula lupakan untuk menyisipkan beberapa guyonan-guyonan segar untuk mencairkan suasana. Niscaya, pembaca senang akan tulisan situ. Dan punahlah fast reader..:mrgreen:

 

11 thoughts on “Belajar mengalir brader!

  1. Jessie Juli 3, 2008 / 2:41 pm

    Kalo saya sih yang penting nulis mas, ya emang ngalir aja sih, mau bagus mau ada yang baca trus komen ya monggo itu urusan belakangan.😀

  2. almascatie Juli 3, 2008 / 2:44 pm

    sayah mo comment mengalir aja om😀

    *ditabok*

  3. Payjo Juli 3, 2008 / 2:58 pm

    @Jessie:
    Bagi saya, segala hal yang saya lakukan minimal ada manfaatnya. Awal-awalnya ya saya juga asal nulis. Tapi kalau kepatok sama dogma asal nulis aja, berarti kita nggak punya kemajuan dong. Ayooo, jangan manjakan diri.

  4. moerz Juli 3, 2008 / 3:21 pm

    yeah…
    benar juga kata mas almas…
    perhatikan itu pemuda tampan…

  5. away Juli 4, 2008 / 2:48 am

    kadang tulisanku juga alurnya gak jelas
    tapi yang penting seneng aja nulis
    dan dikasih komentar lagi
    hahaha

  6. Harry Juli 4, 2008 / 3:45 am

    nulis blog bukan untuk mendapatkan komentar tapi untuk menyalurkan isi hati atau hobi kita, yang penting mah jangan nulis yang aneh-aneh aja deh (sara, porno dll)

  7. made eka Juli 4, 2008 / 7:53 am

    yup keep learning and keep blogging..
    suatu saat pasti jadi blogger mumpuni deh..
    salam kenal

  8. Ninda September 11, 2009 / 3:41 pm

    seger baca blog nya… menulis emng hrs ‘mengalir’. di buku yg prnh aku baca,klo mau nulis..yah! lanjut2 aja,,ga usah pake mikir malah! hehehe…😀

    wes,pokokny ‘keep blogging’ aja deh!😀

    • Payjo September 11, 2009 / 8:16 pm

      Kayak es teler, seger. wekekekek
      Betul, soalnya saya penulis pemula. Daripada nulis pake beban mikirin isi, tema dan tetek bengeknya mending nulis aja dulu. Pokoknya begitu jari nempel kibort, hajaarrr!!
      😈

  9. Ping-balik: Kontroversi « Payjo
  10. andi sakab Mei 9, 2010 / 1:59 am

    Wah, jo kalo ane kok bukan mengalir malah muter-muter kenapa tuch?😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s