Ini soal BSI brader!

 

Saya mau cerita soal Bina Sarana Informatika. Berawal dari kelas dosen PA saya. Sebut saja Pak Astari. Dia ini motivator, suka ngisi seminar-seminar motivasi. Kata-katanya penuh optimisme, ambisi dan tekad yang kuat, dan bikin ngantuk.

 

Tapi,ini BSI. BSI, yang daftarnya nggak lebih dari 3 juta itu. Yang mahasiswanya nggak pernah tanya sama dosen kalo ada yang nggak ngerti itu. Yang bisanya cuma ketawa ngakak ngetawain kebodohan sendiri itu. BSI yang, ah sudahlah.

 

Tiap minggu, Pak Astari ini ngorbanin jam mengajarnya untuk memotivasi kami (Mahasiswa dengan pemikiran setingkat sekolah paket B) untuk sukses. Berbagai jurus dan rapalan mantra di keluarkan. Bukan sekali-dua kali pemirsa. Tapi hampir selama satu semester.

 

Salahnya, ini BSI. BSI, yang daftarnya nggak lebih dari 3 juta itu. Yang mahasiswanya nggakpernah tanya dos, udahlah. Alhasil, sampe akhir semester mahasiswanya (termasuk saya) cuman bisa cengengesan nggak jelas, yang ketawa kenceng kalo ada temen yang nyeletuk berbau selangkangan pas pelajaran. Yang diem kayak patung kalo dosen tanya ada yang belum jelas mengenai pelajaran.

 

Maaf kalo di paragraf awal kesannya saya menyalahkan BSI sebagai institusi pendidikan tidak bermutu. Saya nggak bermaksud gitu koq. Bukan itu poinnya. Ada dua poin yang ingin saya sentil. Pertama adalah tidak adanya tes seleksi masuk di BSI. Karena swasta? Hal ini yang menyebabkan mahasiswa/i yang masuk ke BSI tidak mempunyai standar mutu tertentu. Standar mutu ini diperlukan supaya materi-materi yang ada di BSI bisa di serap maksimal oleh mahasiswa/i terseleksi. Tapi kalo ada seleksi, saya juga belum tentu lulus juga. Selama ini, ada penilaian dalam masyarakat pendidikan maupun masyarakat industri kerja akan rendahnya mutu lulusan BSI. Ada itu, tetangga saya lulusan BSI nggak bisa Office. Duh!

 

Poin kedua adalah lebih bersifat personal. Mahasiswa/i BSI. Saya tidak akan menggeneralisasi tapi sepanjang yang saya lihat, terutama di kelas saya, adalah minim dan rendahnya minat mahasiswa/i BSI untuk serius belajar. Tidak ada inisiatif untuk mencari pelajaran diluar kampus, jarang bertanya. Ah, saya seperti sedang berkaca ke diri sendiri.

 

Tapi apapun itu, semoga nggak berlangsung terus menerus. Situ tahu, saya mulai bangga kuliah di BSI lho.

 

*Pak Astari, orang kayak kami ini sepertinya sudah tidak mempan ocehan panjang lebar soal sikap optimistis biar sukses. Sepertinya, otak kami sudah terlalu bebal untuk sadar hanya dengan kata-kata motivasi. Kami sedang nunggu momentum yang bakalan ngerubah pandangan kami. Sesuatu (entah peristiwa entah apa) yang akan merubah total pandangan kami terhadap diri sendiri dan masa depan. Menunggu Godotkah saya?

 

**Lagi-lagi, tulisan saya bertema bias. Maaf brader, saya sering oot di tengah jalan:mrgreen:

 

**Brader, dimanapun kita belajar yang terpenting adalah seberapa keras usaha kita memanfaatkan setiap ilmu yang kita dapat, bukan?

58 thoughts on “Ini soal BSI brader!

  1. kishandono Juli 4, 2008 / 1:50 pm

    kampus cuma sarana. kalo sudah kuliah semua tergantung diri sendiri kok. menurut saya sih ini.

  2. Payjo Juli 4, 2008 / 1:52 pm

    @Oom Kishandono
    Ahh, betul itu brader. Mau kuliah di UPH, kalau sendirinya nggak bisa berfikir maju, ya ndablek ujung-ujungnya. Benul?

  3. regsa Juli 6, 2008 / 8:52 am

    semuanya tergantung kitanya jo . Sementereng kampus kalo diri kita setengah2 dalam belajar sama juga bloon🙂

  4. made eka Juli 6, 2008 / 4:34 pm

    yup betuu..
    itu tergantung personnya..
    ngapain mencontoh orang lain yang ga patut di teladani??
    keep your spirit high bro..

  5. fenny Juli 7, 2008 / 1:29 pm

    lhooo… di iklan ndak keliatan begituh kok… *sok polos*

  6. okta sihotang Juli 8, 2008 / 3:50 am

    oh..BSI spp itu toh ternyata ??
    *manggut2 mode on*

  7. rudyahud Juli 9, 2008 / 5:00 am

    stuju ama mas kishndono..yang penting tar kita setelah lulus mau kemana…

  8. Harry Juli 11, 2008 / 7:37 am

    percuma saja dikasih tes kalo ujung2nya keterima semua, yang penting habis lulus kerja, nikah, hidup bahagia😀

  9. zay November 15, 2008 / 7:00 pm

    ngapain mkirin BSI?? pkirin dlu diri lw yg cma bisa ngetawain kebodohan lw sendiri,,knp yg dsalahin BSI??
    tohh knp lw g bljar bener?? aduuhh2 dunia cepet2 kiamat dehh,,dah banyak orang stress ;p

  10. Arie Desember 30, 2008 / 10:09 am

    Klo aku sih setuju banget klo BSI tercinta ini di kasih tes seleksi. Apalagi klo standarnya bsa stinggi UI. Dngan bgtu mahasiswanya juga nggak sekelas paket c

  11. Nima Mei 12, 2009 / 8:58 pm

    duuh padahal pengen masuk BSI.. koq gini ya…. jadi ragu….

    • siskarindiantika Juni 24, 2010 / 4:56 pm

      jangan takut sekolah itu bkn dr mutunya doang tapi ya berasal dari diri kita sendiri,klo kita mw belajar bener2,mw dmn2 jg bisa asal kita tekun az………

      • Alumnus BSI September 19, 2016 / 12:02 am

        kalau dosennya ngasal ya sama aja, semua itu saling berhubungan bro.

  12. Fitri September 2, 2009 / 12:05 am

    jenenge we Bina Sarana..ya pastinya ente di”bina”, dengan “sarana” yg ada…tinggaL entenya..maju gak? smangadh kang!!!

  13. ADVERTISING BSI Oktober 7, 2009 / 11:15 pm

    emang bener ko hahaha…tapi balik lagi itu tergantung orangnya juga, Mas kuliah di BSI nganmbil jurusan apa?

  14. rara April 21, 2011 / 4:18 pm

    w juga sekarang dosen semester 1 en 2 pak Astari, bener bgt yg suka memotivasi kita” tp yaaa gitu diterima kuping kanan keluar kuping kiri hahahahah :-p

  15. Hendra Agustus 18, 2011 / 5:28 pm

    mas minta no mas,,,,q pngn tau lebih banyak tentang BSI

  16. habibi Oktober 18, 2011 / 10:32 pm

    habibi
    padahal w pengen masuk bsi pii jadii raguu gara2 katany lu2san bsi tucgh gg ke pakai amma prsahaan

    • teori evolusi Februari 13, 2013 / 8:32 pm

      eitssss jangan salah, alhamdulillah banyak temen aku lulusan D3 BSI keterima kerja bahkan di institusi pemerintahan lho. Tinggal gimana kita menjalankan tugas kita aja selama mjd mahasiswa, belajar tekun, aktif dlm mencari dan menggali ilmu setinggi-tingginya.

      • Teori Teri September 19, 2016 / 12:04 am

        banyakkan mana sama yang ditolak?

  17. habibi Oktober 18, 2011 / 10:33 pm

    sypha yaaacccggg yg bisaa bantu w,,, w pngen tw lebih dalem tntng bsi nicccgh

  18. Andra November 19, 2011 / 12:23 am

    Gaya tulisan loe, oke banget brader.. the poin is, loe udah ngerti kurangnya loe dimana, itu good starting poin, the next step is loe musti melakukan big bang

  19. Muhammad Akbar Ismail Oktober 12, 2012 / 2:01 pm

    BSI yang skrg gak gitu kok, kelas ane malah lg asik2nya tinggi2an IPK… semangat belajar, justru BSI mempermudah waktu belajar mahasiswa yang nyambi kerja, yang cuma punya duit pas buat kuliah tapi mutu ok.. ditambah mulai thn 2011 dah wajib pake laptop/netbuk/tabulet….
    yang bilang BSI gak laku diperusahaan sapa bos?? kalo ente gak percaya, coba ente riset, hampir setiap perusahaan ada alumni BSInya krn saking banyaknya alumni BSI… tapi jangan pasrah nunggu bursa kerja dari BSI nya doang, usaha juga… kan BSI juga ngajarin Enterpreneurship, jadi kita gak mesti wira-wiri nyari lowongan, buka lowongan sndiri (wirausaha)… keep spirit …!!!

  20. teori evolusi Februari 13, 2013 / 8:29 pm

    Dimanapun kita belajar faktor utamanya adalah diri sendiri, niat dan tindakan untuk terus belajar dan maju. ga jauh2, Alhamdulillah saya dan teman2 sekelas saya contohnya, meski IPK kami semua di atas 3,3 tp kami terus berusaha mengembangkan ilmu misalnya aja apa yg ga diajarkan di kampus, kami cari diluar misal dari buku, nongkrongnya di gramedia demi cari ilmu. bahkan sampai saat ini banyak dr kami menguasai program2 diluar yg diajarkan kampus… bahkan ada juga yg emang udh jago2 buat web, merancang sistem. Dalam kegiatan belajar mengajar kita juga aktif, mulai dr presentasi, tanya jawab….bahkan kami sangat antusias dalam bertanya jawab kalau ada sesuatu yg memang belum kita mengerti kpd dosen. btw applause bwt penulis mau mengkoreksi dan berani mentertawakan diri sendiri….itu adalah hal hebat.

    • Teori Teri September 19, 2016 / 12:05 am

      Tolol, kalau km belajar mobil terus yang ngajar ngga bisa apa kamu bisa?

  21. Aris Saryanto Oktober 11, 2013 / 12:58 pm

    Aku juga anak bsi, kalau saya pikir lagi temen-temen saya banyak yg seperti itu … orangnya seperti tdak mau berkembang.
    bsi juga telat…. kash materi telat … gak update.. cara ngajar kurang profesional !!!
    .
    ini curahan hati Anak semester akhir ..
    yang dari semester 1-6 kebanyakan ilmu di dapat dari otodidak !!!

  22. Maulana Septian November 13, 2013 / 10:10 pm

    btw memang ada benernya, tapi ga semua ko kaya gitu..
    tergantung mahasiswanya.. saya jg mahasiswa bsi..
    yg penulis kutip itu hanya sisi buruknya saja ..
    perlu diketahui segala sesuatu ada baik dan buruknya..
    bukan mustahil kampus2 terkenal jg pnya sisi buruk bukan?
    saya tertarik dengan kutipan penulis yg berkata “saya mulai bangga kuliah di bsi lho”, boleh tau bangga karena apa?

  23. Musthofa Februari 5, 2014 / 4:03 pm

    Saya bis salemba smestr 5..
    Penilaian komulatif bsi..
    absen 10%
    Soal latihan 20%
    UTS 30%
    UAS 40%

    • Payjo Juli 29, 2016 / 5:06 pm

      Makasih infonya gan!.

  24. fadly palika Juni 29, 2014 / 8:48 pm

    terus slidenya mana omong melulu ni kalau ngak da bilang
    kalau mau mengina kampus ya udah jangan kuliah di sana tu tergantung pribadi seseorang ko ,,,,,dan keinginanya juga bukan,,,,

    • Payjo Juli 29, 2016 / 5:04 pm

      Lha, slide apa ya?

  25. Nanda Nurdiana Juli 7, 2014 / 4:03 pm

    gw mahasiswa BSI Bandung sob, gw jurusan pariwisata semster 4 ..
    dan gw bangga kuliah di BSI , soalnya di smster 4 ini gw udah bisa buka clothing distro sendiri . itu berkat beasiswa yg di berikan pihak Lembaga dan juga ilmu usaha yg diberikan para dosen tentunya. dan nyata nya gw have fun tuh sama temen temen . walaupun sering di buly BSI kampus murah . tapi kita semua sudah punya penghasilan sendiri dan usaha sendiri,

    • Payjo Juli 29, 2016 / 5:03 pm

      Minta link akun sosmed distronya dong

  26. dartono Agustus 4, 2014 / 1:47 pm

    Semua tergantung orangnya kok bro… seharusnya kita harus berusaha menjadi yang terbaik ditempat terburuk sekalipun…
    saya lulusan BSI juga, Alhamdulillah sekarang bisa kerja di Kementerian Keuangan…

    • tinawidana Februari 17, 2016 / 9:30 am

      Kak boleh minta no yg bisa dihub ga? Sy pengen share sy sdh hampir 2 thn blm jg dpet kerja

      • Payjo Juli 29, 2016 / 4:51 pm

        Sorru telat bales, sekarang udah dapet kerja?

    • Payjo Juli 29, 2016 / 5:02 pm

      Iih Om Dar keren lho.

  27. firli November 5, 2014 / 12:50 pm

    pak astari adalah dosen PA semester 1 saya juga😀

    • Payjo Juli 29, 2016 / 5:02 pm

      Hooo sekarang masih ngajar di BSI nggak ya?

  28. Arlicious Juni 26, 2015 / 11:53 am

    Tergantung si Individunya bro .. kalo ke bawa arus yang buruk yaa ga jadi apa2, balik lagi ke niat awalannya “Kuliah buat apa?”. ( *yang udah jelek gag usah di jelek2in😛 )

    • Payjo Juli 29, 2016 / 4:58 pm

      BSI nggak jelek lho.

  29. Ruth Handayani Manalu Juli 27, 2015 / 11:02 pm

    that’s right bro,, aku juga ni pingin kuliah di BSI. Aku prcya hal ini aja sih smua trgantung orangnya, kalo kta mlakukan yg trbaik agar kita jadi yang trbaik knpa nggk,,aku yakin BSI itu baguss,,untk mewujudkan cita2ku..

    • Payjo Juli 29, 2016 / 4:58 pm

      Setuju mpook!.

  30. Ani Suryani Februari 29, 2016 / 3:55 pm

    mau tanya dong.. contoh soal buat ujian masuk bsi kaya gimana ya?

    • Payjo Juli 29, 2016 / 4:48 pm

      Kagak ada euy. Coba tanya panitianya.

  31. eva juhayati April 3, 2016 / 12:05 pm

    apa yang kuliah di BSI harus memiliki laptop atau notebook pribadi ? tolong jawab ya

    • Payjo Juli 29, 2016 / 4:35 pm

      Laptop sangat menunjang mahasiswa dalam proses kegiatan belajar mbak, apapun jurusannya. Dengan budget 1,5 juta kita udah bisa beli laptop bekas yang layak buat sekedar ngerjain tugas kuliah lho. Emang sih masih bisa mengerjakan tugas di warnet, tapi lebih nyaman menggunakan laptop karena bisa mengerjakan tugas dimana saja.

      Tapi nggak mutlak ya. Jika memang belum mampu membeli, masih ada jurus jitu yakni jurus The Power of Minjem. Semangat!.

  32. ruli annisa April 29, 2016 / 12:32 pm

    semua tergantung diri kita sendiri, buktinya teman sya, dia dpt ipk tertinggi dan dpt beasiswa di BSI. karena kenapa ? karena dia mau belajar dan mau sukses, istilahnya anak lulusan ITB pun klo kuliahnya cmn buat popularitas aja ya dia gakkn pernah dpt ilmu yang bermanfaat saat lulus nnti🙂

    • Payjo Juli 29, 2016 / 4:31 pm

      Setuju mpok!.

  33. Trio Rizky Juni 17, 2016 / 8:17 am

    Kalo pindah kampus dari bsi bisa kaga yak.. ane pernah ke unindra katanya nerima pindahan.. cuma ane nanya ke bsi malah kaga bisa.. pencerhnnya plis..

    • Payjo Juli 29, 2016 / 4:30 pm

      Harusnya kalo mau pindah ya bisa saja selama semua persyaratan pindah kampus terpenuhi.

  34. rch.septiana Agustus 19, 2016 / 3:16 am

    saya mahasiswa bsi bogor sekarang semester 5.
    dosen di bsi pada pinter kok (iyalah kalo ga pinter ga akan jadi dosen). tergantung kita sendiri mau pinter apa mau tetep bodoh. mau nanya apa engga. mau punya skill apa engga.
    apa anda kira kalo kerja dilihat dari universitas negeri atau bukan? kalo anda dari universitas negeri tapi anda bodoh apa ada perusahaan yang mau nerima? engga sih pasti, buat apa nerima orang bodoh hehe
    emang saya sering diledek sama temen ngapain kuliah di bsi kampusnya kecil dan bla bla bla. namun saya pikir kuliah ga harus di kampus besar kok yang penting kita dapet ilmu dan yang paling penting skill nya harus dapet.
    jadi ya semua tergantung diri masing-masing. kalo anda punya skill pasti perusahaan manapun akan nerima anda sebagai karyawan nya kok.

    • Payjo Agustus 19, 2016 / 6:55 am

      Setuju soal tergantung diri sendiri walopun nggak setuju semuanya tergantung itu. Percuma kitanya pengen pinter kalo fasilitas kampus nggak mendukung. Saya doakan cepet lulus ya!.

  35. Anisa Des September 10, 2016 / 8:40 pm

    ikut berkomentar, saya sendiri sebentar lagi akan masuk kuliah tepatnya d bsi bandung, saya membaca semua komentarnya dan gimana ke mahasiswa/i itu sendiri dia mau benar” mencari ilmu apa tidak kalo tidak ya percuma saja. sama di atas tertulis jika ada yang gabisa office ? mungkin dia awalnya dia di sekolah sebelum nya tidak di ajarkan office sama keorangnya lagi gmna ka. sebelumnya saya menyimak semua komentarnya , dan itu membuat mnjadi saran atau motivasi buat saya yang sebentar lagi mau masuk kuliah disana. sukses yah untuk semuanya🙂

  36. Angelina November 5, 2016 / 1:11 pm

    Saya dari BSI Cikarang, saya bangga bisa belajar di BSI. Ya dimana mana kalau cuma mau di suapin terus sama dosen, kita ga akan berkembang bro. Kita serius dengan hidup, Hidup juga akan serius dengan kita.🙂 Hidup dan kuliah itu keras perjuangan bro..!🙂

Tinggalkan Balasan

