#39. Peluncuran QRC Metro Tangerang

Beberapa hari yang lalu, saya diminta bantuan oleh kenalan saya di kepolisian untuk mengirim sebuah draft kasar yang entah apa isinya lewat surat elektronik ke atasannya. Tapi sekilas saya membaca judulnya, Quick Respons Center (QRC).

Karena penasaran, hari ini saya iseng-iseng mencari informasinya. Ternyata QRC adalah Pusat Sarana Informasi, yang mengadopsi sistem TMC Polda Metro Jaya. Berikut adalah salinan berita soal peluncuran QRC ini.

Kota Tangerang sebagai Kota Metropolitan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya. Salah satu pelayanan terbaru yang dapat dinikmati dan memberikan rasa aman adalah pelayanan Quick Respons Center (QRC) atau Pusat Sarana Informasi yang diadakan oleh Polres metro Tangerang yang diadopsi dari TMC Polda Metro Jaya. Dalam tugasnya QRC akan mendapat bantuan dari beberapa SKPD Pemerintah Kota Tangerang ini di launching hari Senin 27 September 2010.

Dalam tugasnya nanti QRC yang beranggotakan 14 personil kepolisian dari Polres Metro Tangerang ini akan memantau dan siap menerima laporan dari masyarakat tentang situasi keamanan di seluruh wilayah Kota Tangerang. Laporan dari masyarakat, dengan adanya QRC ini akan di respon secara cepat.

Pemantauan situasi juga akan dilakukan dengan menggunakan Tekhnologi Informasi (TI) seperti pemasangan 8 CCTV, 8 Tv monitor di ruas jalan-jalan Protokol di Kota Tangerang. Selain itu untuk komunikasi dengan masyarakat, pihak QRC Polrestro Tangerang juga melengkapi dengan 3 unit komputer yang selalu terhubung dengan internet menggunakan jejaring sosial dan tentu juga telepon untuk menampung laporan masyarakat

Dalam sambutannya, Kapolres Metro Tangerang yang sekaligus sebagai Pembina dalam Quick Respons Center Kombes Tavip Yulianto menyatakan dengan adanya QRC berbagai masalah keamanan dan lalu lintas, masyarakat dapat segera menginformasikan kepada QRC untuk mendapatkan bantuan kepolisian dengan cepat.

“Nanti masyarakat bisa menginformasikan bila melihat ada pohon tumbang yang mengganggu lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, bencana banjir, kemacetan lalu lintas dan tentunya masalah kriminalitas sehingga dapat penanganan cepat” tegas Kapolres.
QRC juga dilengkapi 1 unit mobil lengkap dengan segala peralatan pendukung pertolongan pertama pendukung reaksi cepat.

Selain itu pihak Polres Metro Tangerang menurut Kapolres juga mengatakan akan meningkatkan keamanan di seluruh jajaranya hingga ke tingkat yang paling bawah sebagai upaya menyikapi suasana pada saat ini.

Dalam pengoperasian QRC ini pihak Polres Metro Tangerang juga menjalin kerjasama dengan radio swasta yaitu Star Radio yang akan menyiarkan informasi terupdate dua kali sehari kepada masyarakat Tangerang. Kerjasama  juga dilakukan dengan Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertamanan, Dinas Damkar Kota Tangerang dan Basarnas.

Sayang, tidak ada informasi kontak baik jejaring sosial QRC Tangerang maupun nomor telepon layanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s