#42. Ngeblog itu mudah

Paling nggak enak itu fase impoten posting. Banyak sebab. Sekedar membikin draft untuk dipublish nanti juga susah sekali. Udah dipancing dengan blogwalking misalnya, tetep saja susah. Sampe terfikir untuk hiatus jadinya. Betul?

Saya bloger pemula, kalau lamanya waktu bukan acuannya. Review sedikit, dari tulisan pertama sampai tulisan ini ada berapa yang bermanfaat bagi yang membaca blog saya? 80%? hmmm, nggak mungkin. Karena 90% tulisan di blog ini cerocosan dan curhat pribadi. Betul?

Selain tulisan nggak mutu, hal lain yang menunjukkan saya masih pemula adalah serinnya hiatus. Sering sekali ada periode blog ini nggak muncul postingan sama sekali. Muncul satu tulisan, ngilang lagi. Pemula sekali. ya walaupun bloger paling seniorpun bisa kena fase ini.

Tapi bukan berarti ngeblog itu beban lho. Coba saja berhenti memikirkan apakah tulisan saya bakal bagus, apa bakal bermanfaat bagi yang baca, apa banyak yang suka, apa bakal dikomentari, apa bakal ada yang baca, apa ada yang salah ketik. Kekhawatiran itu yang malah bikin kita malas. Betul?

Cukup ingat satu hal saja, Sesampah apapun tulisan yang kita tulis di blog pasti bermanfaat. Entah dalam hal apa.

Nah, tulisan sampah ini sekedar curhatan saja. Ceritanya saya susah sekali nulis. lalu inget lagi medio 2008 ketika ranah blog sedang rame. Dan ingat beberapa tips yang saya bikin sendiri kalau susah nulis. Jadi dulu kalau posting itu yang penting huruf pertama dulu, setelah itu baru mengalir apa yang ada di pikiran langsung tulis di blog. Mau antar paragraf beda isinya karena pikiran juga sering loncat-loncat ya nggak masalah.

Karena harusnya ngeblog itu mudah, tanpa beban dan masalah. Happy bloging.

4 thoughts on “#42. Ngeblog itu mudah

  1. adit-nya niez Oktober 7, 2010 / 6:28 pm

    Jo, hidupin lagi semangat ngeblog tempoe doeloe. Saya sedang berusaha ngumpulin niat buat balik lagi. Sepertinya di antara para ranger cuma Azka yang rada konsisten ni…

    Si Kyu sama dhez udah tiarap kykna. Wkwkwk…
    Kontak yg lainnya Jo buat balik lagi. Si Kyu sama Dhez klo ga salah punya twitter deh. Jo kontak lewat sana. Klo saya cma punya fesbuk aja, tapi juga udah jarang apdet. Mau balik ke blog lagi.

    Hehe…

  2. nizwa11 Oktober 7, 2010 / 8:44 pm

    NgEblok susah2 gampang
    Kdang ide numpuk tp saat mau d ketik ilang hehehe

  3. Juminten Oktober 7, 2010 / 11:24 pm

    Hahaha… 1 hal yg paling sulit dlm ngeblog adalah kekonsistenan.😛
    Mestinya sih… Kita nulis di blog seolah ga ada yg baca.
    Jd lebih jujur, lbh naturan, ga takut ada yg ga suka, dan ga ngarep dpt komentar.
    Tapiii… Tetaplah merasa blog kita dibaca orang supaya kita ga terlalu “bebas” berbicara melalui tulisan di ranah publik ini.😛

  4. Payjo Oktober 8, 2010 / 9:13 am

    @Adit
    Ayo Dit, kita sama semangat lagi:mrgreen:
    Saya coba kontak mereka deh ya. Jangan lupa malem Senin besok kita confrence ya

    @Nizwa:
    Nah, berarti harus ngetik lagi sebelum idenya datang, hehehe

    @Mbak Jum:
    Dan Mbak Jum itu blogger paling konsisten ya. Kayaknya apa aja bisa langsung ditulis di blog, dan saya jugabacanya terhibur.Kalo saya, membaca saja saya sulit😦

Tinggalkan Balasan

