#56. Ular

Nasib buruk menjadi tikus dan ular di Indonesia. Dianggap hewan yang menjijikan dan berbahaya, nasibnya nggak bakalan jauh berakhir dilempar ke tengah jalan raya, mati dilindas kendaraan dan mengering untuk kemudian hilang.

Masyarakat Indonesia masih rendah kesadaran tentang menghargai kehidupan binatang. Entah di kota dan desa, 2 hewan yang disebut di atas dianggap hama. Mengganggu. Tanpa pernah sadar kalau kita yang mengganggu lingkungan mereka.

Saya paling benci melihat bangkai tikus dan ular yang sengaja dilempar ke jalan raya. Apalagi kalau sampai tanpa sengaja melindasnya. Mengerikan, nggak tega.

Semalam, saya sekeluarga dikagetkan karena ada ular di depan pintu rumah. Ularnya dari jenis mengerikan, ular tanah (Calloselasma rhodostoma). Ular ini jenis ular yang bisanya paling berbahaya.

Saya sekeluarga tentu saja panik, apa yang harus dilakukan. Walaupun sempat ikut pecinta alam dan beberapa kali menangkap ular ditambah suka menonton acara Rob Bradl, menangkap ular tanah tindakan konyol tentu saja.

Saya nggak tahu di Indonesia apakah ada semacam Animal Control yang melayani pengaduan masyarakat kalau ada kasus semacam ini.

Tapi umi yang kelihatan paling panik langsung memberi jawaban. Dengan gagang pel, umi mulai menghantam badan si ular. Akh, saya jadi bingung antara takut dan kasian. Takut karena ular yang sedang dipukuli umi adalah jenis ular yang sangat berbahaya dan mengancam keselamatan keluarga. Nggak tega karena kasian si ular dipukul membabi buta.

Dalam Islam sendiri, ada hadits yang berbunyi

خَمْسٌ فَوَاسِقُ يُقْتَلْنَ فِى الْحِلِّ وَالْحَرَمِ الْحَيَّةُ وَالْغُرَابُ الأَبْقَعُ وَالْفَارَةُ وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ وَالْحُدَيَّا
Lima (hewan) perusak yang boleh dibunuh di luar tanah suci dan di tanah suci yaitu: ular, gagak, tikus, serigala dan rajawali (Muttafaqun ‘alaihi)

Dan nasib si ular berakhir dengan kepala remuk, usus terburai dan hangus terbakar. Ampuni saya ya Allah.

11 pemikiran pada “#56. Ular

  1. y tu mah mang dah jd nasib’a s ular ma s tkus az joe……krna dah ad hadist’a jg….y brrti qt ga dosa klo ngbunuh’a jstru dpt pahala….hehehehe

    • Bukan gunung dan persawahan Dit, tapi disamping rumah ada bekas galian pasir,, kotor banget karena semak-semak. Ditambah rumah Jo kan di desa, masih banyak pohon bambu dan hutan kecil gitu. Wild Life lah😛

  2. ….saya juga gak tegaan ama binatang….
    Tikus… di rumah saya udah sering kena pake lem tikus…
    Kasihan, karena gak tega melihat badannya lengket, gak berdaya…
    Ular… juga pernah ada di halaman rumah saya…
    Kasihan, karena pada akhirnya disemprot obat serangga, dia mabok, dan nasibnya dipukuli juga…😦
    Tapi kalo laba2….
    Dengan senang hati saya membunuhnya…😡

    *saya geli lihat laba2*
    *rasa geli yang berubah menjadi takut*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s