#64. Maverick Meerkat

Jadi beberapa hari ini saya menginstall OS Linux di PC kantor. Telat memang, tapi daripada sama sekali tidak bisa, kan kurang lengkap juga kerja di lingkungan IT tapi tidak bisa memakai Linux.

Distro Linux yang saya install adalah Ubuntu 10.10 dengan nama kode Maverick Meerkat. Kebetulan dulu juga pernah install Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope. Tidak bisa lepas dari Ubuntu sepertinya, karena memang lebih familiar karena pernah mencoba. Walaupun di kampus yang dipakai adalah distro Linux Centos.

Berbekal tutorial dari web Ubuntu, Maverick Meerkat berhasil diinstall lewat USB. Proses instalasi tidak mengalami masalah, kecuali sedikit puyeng waktu mau membuat direktori baru untuk instalasi Ubuntu supaya tidak menimpa direktori milik Windows. Betul, saya buat dual boot saja. Tapi karena keburu nafsu, saya install saja memakai Wubi. Jadi Ubuntu saya install under Windows. Pilih yang praktis.

Masalah muncul ketika harus membuat Ubuntu trkoneksi dengan internet. Ketika pertama kali membuka Mozilla Firefox ternyata tidak bisa browsing. Dicoba mengganti settingan proxy memakai proxy kantor tetap tidak bisa. Akhirnya bisa diakali dengan memakai settingan Autodetect setting.

Masalah lainnya muncul ketika saya mau mengupdate repositori lewat terminal. Saya ketik sudo apt-get update, pesan yang muncul adalah seperti berikut..Sebenarnya masih bayak masalah yang sampai sekarang belum terpecahkan. Saya masih belum bisa install adobe flash player 10. Bahkan saya belum bisa  install codec mp3, pidgin dan beberapa software lainnya. Baik itu install lewat terminal ataupun Ubuntu Software Center. Error yang muncul sepertinya karena internet connection.

Nah, ada yang bisa bantu saya? Sebagai pemula di dunia Linux khususnya Ubuntu, tentu saya perlu banyak-banyak meminta tutorial dari sesepuh yang kebetulan baca tulisan ini.

Mohon bimbingannya Guru *menjura*

 

6 thoughts on “#64. Maverick Meerkat

  1. Juminten Januari 25, 2011 / 11:16 am

    Haduh, ga bisa bantu Jo.
    Aku pernah “megang” Linux cuma waktu kuliah doank.
    Itu pun dikiiiit banget.
    Mending ikut milis atau forumnya aja, Jo.
    Lumayan kan ada tempet diskusi dan berbagi info?😛

  2. Em Zanu Januari 25, 2011 / 12:54 pm

    pasti saya bantu kok,,,

    bantu dengan do’a, gbu :p

  3. adit-nya niez Januari 25, 2011 / 5:06 pm

    Saya install Ubuntu pake VirtualBox internetnya langsung bisa jalan, Jo…

  4. genksukasuka Februari 11, 2011 / 8:25 pm

    saya belum nyoba 10.10…😛

    om…

Tinggalkan Balasan

