#67. Apa kabar moral?

Ketika kerusuhan Ambon dan Tual pecah awal Februari dan Maret 1999, satu-satunya informasi yang saya dapat hanya dari media Sabili yang isinya melulu berita kerusuhan dari kaca mata pihak islam di sana. Beberapa tahun kemudian muncul video dokumentasi pembantaian kerusuhan ini dan saudara saya memutarnya di VCD. Saya mual.

Kemarin muncul video anggota Ahmadiyah dibantai (Saya tidak menemukan kata yang lebih beradab untuk kejadian ini) yang karena si jahanam bernama penasaran, saya lihat di youtube. Dan lagi, saya mual.

Hari ini muncul lagi perusakan gereja di Temanggung oleh sekelompok umat islam. Dan betul, lagi-lagi saya mual.

Tapi yang membuat muntah adalah fakta bahwa di negeri benci tapi cinta ini adalah masih banyak manusia yang merasa sangat benar dan membuatnya buta. Yang membenarkan berteriak Allahuakbar sambil menghantam kepala orang sekarat dengan balok kayu atau batu, yang merusak gereja karena merasa berhak mengadakan pengadilan untuk perbuatan seorang oknum yang beragama kristen.

Kalau pelajaran moral saja tidak bisa didapatkan dari agama, suruh saja pemerintah menghapus agama dan cekoki dengan P4. Semoga dengan teori ngawur ini keadaan akan sedikit lebih baik.

Saya ini tipis iman. Ilmu agamanya cetek walaupun pernah mondok di pesantren 2 tahun. Gampang kegoda, minim pertahanan. Tapi itu urusan saya sama tuhan saya. Nggak ada urusan sama orang lain, apalagi sama iman dan agama orang lain. Urus sendiri-sendiri saja.

 

Catatan:

Tulisan dibuat dalam keadaan emosi labil. Jadi mungkin nanti saya hapus tanpa pemberitahuan.

3 thoughts on “#67. Apa kabar moral?

  1. Kimi Februari 8, 2011 / 6:41 pm

    Negara ini hobi sekali ngurusin moral orang lain. Moral sendiri saja belum bener, sok2an mau ngurusin moral orang lain. Cih! *emosi juga*

  2. adit-nya niez Februari 8, 2011 / 10:05 pm

    Halah2, ente bilang ini topik tabu dan ga mau baca tulisan ane. Sekarang malah bikin postingan sendiri…😛

Tinggalkan Balasan

