#73. Juri Kompetisi Blogger Banten 2011: Sebuah Cela

Dengan harapan adanya perbaikan dan kejadian memalukan ini tidak membuat nama blogger Banten menjadi jelek, maka saya posting tulisan ini.

Forum Relawan Telematika Provinsi Banten mengadakan Kompetisi Blogger Banten 2011. Cek di sini untuk lengkapnya. Sebuah kompetisi blogger dengan hadiah besar karena didukung pemerintah daerah dan menjadi bagian dari perhelatan besar acara Gathering Party Blogger Banten 2011. Acara lainnya yang masih dalam satu rangkaian adalah Roadshow Telematika 2011.

Saya dan kawan-kawan dari KBBC ikut membantu pelaksanaan kegiatan akbar ini dengan semangat kebersamaaan blogger Banten. Bentuk bantuan dengan menyebarkan informasi acara ini dan menjadi kordinator keberangkatan peserta Gathering Party ke Anyer untuk daerah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

Saya dan beberapa kawan dari KBBC juga ikut kompetisi blogger dengan syarat di bawah ini

Sayangnya ketika pengumuman nominator kompetisi blog, juri yang entah dari pihak mana melakukan kesalahan fatal dengan melanggar persyaratan yang mereka buat pada poin 6 dan 7 di atas. Seorang rekan saya di KBBC yang kebetulan blognya tidak lolos seleksi walaupun sudah memenuhi semua persyaratan melakukan konfirmasi melalui facebook page

Sayangnya jawaban panitia sangat tidak memuaskan. Tepatnya, sangat tidak nyambung:mrgreen:

Merasa komplainnya tidak digubris, teman saya memberikan data dan fakta supaya panitia tahu letak kekeliruan mereka dengan panjang lebar di kolom komentar.

Dan hasilnya sampai sekarang belum ada klarifikasi dari pihak panitia. Semoga hal ini tidak mempengaruhi antusias blogger Banten untuk ikut di acara Gathering Party Blogger Banten tanggal 28 April 2011 nanti.

Update:

  • Post ini merupakan pernyataan pribadi saya sebagai penulis melihat kejanggalan yang ada, saya tidak mewakili komunitas atau kelompok tertentu.
  • Sesuai dengan pernyataan Kang Rosid, ini bukan lagi soal lolos atau tidaknya blog Kang Rosid tetapi kejanggalan mengenai beberapa blog yang tidak memenuhi syarat tetapi diloloskan oleh juri. 
  • Mengenai tidak lolosnya blog Kang Rosid degan alasan juri blog bersangkutan tidak menempatkan link peserta pada halaman utama, mungkin kesalahpahaman saja karena juri tidak menyebutkan secara jelas penempatan link pada pesyaratan. Tetapi Kang Rosid sudah legowo blognya tidak lolos. Post ini tetap saya terbitkan karena memang ada kejanggalan dan berharap ada pembelajaran bagi semuanya daripada dibiarkan/diwajarkan saja dengan berbagai macam alasan.

20 thoughts on “#73. Juri Kompetisi Blogger Banten 2011: Sebuah Cela

  1. uzanc April 27, 2011 / 6:44 pm

    wah wah waduh////
    ane baru ngeh om, kok jadi gtu ya? klo emang om ros gak masuk kenapa mereka masuk? salah di mananya nih? sebagai teman seperjuangan saya tidak rela atas kejadian ini, perlu di tindak lanjuti lagi, ada apa dengan ini? dukungan pertama untuk om ros…!!

    • Kombor April 27, 2011 / 10:54 pm

      Baru ngeh? Kemarin malam Lu cuma minum sih, nggak pakai makan jadinya Lu nggak ngeh kalau hal itu sempat disinggung.

  2. suretianto April 27, 2011 / 7:13 pm

    maju terus om ros. .
    saya juga mendukung anda

  3. Rosid April 27, 2011 / 9:09 pm

    Terimakasih banyak sobat-sobat atas suport dan dukungannya. Tapi pada dasarnya ini sudah bukan lagi permasalah lolos tidaknya blog saya. Banyak yang senasib dengan saya namun mungkin tidak begitu peduli. Saya hanya ingin ada kejelasan atas keganjilan-keganjilan tersebut. Mudah-mudahan ini dapat kita jadikan sebagai bahan pelajaran buat kita semua.

    Sukses buat semua sobat-sobatku !🙂

  4. Kombor April 27, 2011 / 10:51 pm

    Ada kabar blog yang tidak memenuhi syarat tetapi tetap lolos adalah milik panitia. Miris.

    Maaf, kabar dari mana ya? Sebaiknya transparan saja. Kalau Payjo memang mendapat kabar bahwa blog yang tidak memenuhi syarat itu adalah blogs milik panitia, sebutkan kabarnya didapat dari mana dan blogs itu milik siapa saja.

    Menurut saya, Panitia juga manusia. Saya mendapat kabar bahwa ada sekitar 7000 bloggers yang mendaftar sebagai peserta Kompetisi Blogger Banten 2011 itu. Sedangkan, jumlah panitia terutama dari FORMAT Banten sangat terbatas jumlahnya.

    Saya mencoba membantu, Link pada blog Rosid.Net ditempatkan pada halaman tersendiri yang tidak terlihat di homepage (index, home atau default). Mungkin pada saat itu karena harus memverifikasi sekitar 7000 blogs, halaman link di Rosid.Net itu tidak terlihat.

    Apabila ternyata kemudian setelah melakukan protes itu blog Rosid.Net diloloskan sebagai nominator sebaiknya Rosid juga fair menyebutkan hal itu. Saya sendiri tidak tahu apakah Rosid.Net kemudian dimasukkan sebagai nominator atau tidak. Silakan Rosid yang menjawab sendiri.

    Saya harap tulisan Payjo di atas bukan sikap resmi KBBC. Saya juga anggota KBBC dan ingin agar KBBC dapat bersilaturahmi dengan Komunitas Blogger mana pun. Saya sendiri dalam beberapa kesempatan di KBBC juga sudah menyatakan untuk memperluas komunitas blogger bukan hanya untuk lingkup Tangerang saja melainkan membentuk Komunitas Blogger Banten. Saat FORMAT Banten mempelopori berdirinya Komunitas Blogger Banten, saya menyambut baik dan secara sukarela bergabung untuk bersilaturahim.

    Selalu ada pro dan kontra terhadap sesuatu. Bahkan Pesta Blogger pun ada yang pro dan kontra. Apabila ada blogger yang tidak puas dengan Komunitas Blogger Banten yang tidak setuju dengan Banten.web.id ya silakan saja. Mau mendirikan Komunitas Blogger Banten yang lain ya silakan saja.

    • Payjo April 28, 2011 / 9:59 am

      Kang Kombor, kalimat yang di quote saya hapus dari tulisan karena saya akui belum tentu kebenarannya. Saya juga update tulisan dengan menambahkan footer tentang pernyataan bahwa tulisan saya ini mewakili pribadi saya sebagai sesama peserta, bukan mengatasnamakan/mewakili KBBC.

      Saya juga tidak bertujuan memutus silaturahmi antara KBBC dengan blogger Banten, naudzubillah. tetapi sebagai sesama manusia berkewajiban saling mengingatkan apabila ada yang salah. Membiarkan sesuatu yang salah bukan perbuatan yang bijak tentu saja. Semoga di Gathering Party tahun berikutnya, panitia bisa lebih siap kalu mengadakan kembali kompetisi blog dengan peserta se-Banten yang jumlahnya ribuan tersebut.

    • Rosid April 28, 2011 / 12:12 pm

      Eeeeee…. maaf Om, ada satu lagi, gampir lupa

      bluegaz.com

      Emang sih daftarnya atas nama Arie Nugraha, dan agak sulit memang untuk membuktikannya. Tapi teman saya menunjukan bisa di cek disini >>> http://who.is/whois/bluegaz.com/

      Mungkin cukup sebagai pelajaran aja ya, khsusnya buat diri kita masing2 dan KBBC. Siapa tau nanti kita bisa ngadain acara serupa…..🙂 heheheheeeeee….

      • Candra Mei 24, 2011 / 8:12 am

        saya sdh kontak pemilik blog bluegaz arie nugraha, adalah anak kampus serang, blog di beli beberapa tahun lalu dari telematika.

        Coba akang2 kontak sendiri yg bersangkutan.. tersebut diatas

  5. Bgenk April 28, 2011 / 8:40 am

    Just Hmmmm dah……..
    kalo Top5pedia gagal masuk gara2 ketidakseriusan adminnya yaitu si Bgenk tampan… hihihihi, pasang link ja baru 3… wkwkwkwkwk

  6. Andi sakab Mei 1, 2011 / 3:13 am

    acara kompetisi telah telah selesai. yuk kita saling bergandengan lagi dan menjadikan semua ini sebuah pelajaran berharga buat kita semua🙂

    • Candra Mei 24, 2011 / 8:25 am

      Pak andi : setuju.. relawan tetaplah manusia, saya anggota relawan di bawah koodinator bsi, tujuan relawan melakukan ini adalah demi kebersamaan. dan relawan setahu saya sudah berjuang keras siang dan malam demi kegiatan memperkenalkan dunia IT di provinsi banten terlaksana tampa Pamrih.
      Saya tergabung di relawan karena terpanggil dengan penyebaran informasi dan teknologi yg kebetulan saya menyukai bidang it.

      Relawan telematika adalah organisasi independen, bahkan untuk pembentukan relawan wilayah bsb kami menggunakan uang patungan dari kawan-kawan.

      Masalah kepanitiaan, saya kira panitia sdh merevisi kesalahan yg menurut komunitas blogger adalah sebuah kesalahan…

      dan saya berharap panitia dan relawan telematika tetap semangat dalam program2 yang telah di buat dan di rencanakan..

      Dan menurut yg saya dengar bahkan wilayah kabupaten kota akan di supoort untuk mengadakan kegiatan kerelawanan dan relawan telematika akan mensuport penuh hal ini secara independen.

      Salam dan sukses selalu buat komunitas blogger banten khsusnya KBBC yg telah mensuport penuh terlaksananya Kegiatan relawan telematika.

  7. mita Mei 24, 2011 / 7:57 am

    ko aku ga update ya😀 *toyor toyor kepala sendiri*

    semoga bisa diambil pelajaran n setuju sama om andi sama ajakan bergandengan lagi *setel lagu kemesraan ini*

  8. Candra Mei 24, 2011 / 8:06 am

    Kasihan team juri, sudah bekerja dengan menilai masih mendapat cercaan. Seperti yg saya dengar kompetisi blogger banten merupakan ajang kompetisi media pembelajaran bagi siswa-siswi waktu di adakan roadshow. dikhususkan bagi blog (bukan blog com net web.id)

    saya merasa turut prihatin dengan masalah ini, namun tetaplah saya salah satu blogger banten.. yg harus tetap bersatu dgn satu tujuan menyampaikan informasi demi kemajuan banten.

    salam

  9. Payjo Mei 24, 2011 / 8:38 am

    Terima kasih mas Candra atas komentarnya ya. kebetulan kita satu almamater, BSI:mrgreen:

    Pantaskah jerih payah relawan telematika dan panitia kompetisi blog dihargai? Tentu saja. Mereka sudah bekerja sangat keras membangun masyarakat Banten melek teknologi dengan kegiatan ini. Berbulan-bulan mereka sukarela kerja supaya kegiatan ini sukses.

    Tapi semoga kritik saya tidak membuat mereka gelap mata dan menganggap ini sebuah cercaan. Tolak ukur kesuksesan suatu kegiatan bisa lewat banyaknya pujian atas kerja keras mereka atau lewat kritik membangun. Dan saya melalui kritikan, dengan harapan di kompetisi yang sama tahun berikutnya hal seperti ini tidak terjadi. Sekeras apapun kerja keras mereka, tidak harus menjadikan kita mewajarkan kecurangan yang ada atas nama menghargai kan?.

  10. Abu Umar Mei 25, 2011 / 12:36 am

    Rileks Jo…:mrgreen:
    Btw, apdet Jo…

    • Payjo Mei 25, 2011 / 9:09 am

      Ini updatenya diwakili komen Dit *ngeles*😛

  11. genksukasuka Juni 1, 2011 / 3:02 pm

    baru baca yg bginian ane ….:P

Tinggalkan Balasan

