Setelah Beberapa Bulan Kemudian

Meski berbulan-bulan tidak pernah posting, saya masih rutin membaca ratusan post blogger kawan yang ada di feedly saya. Meski tidak lagi sehingar bingar dulu, masih banyak blogger personal yang masih rutin menerbitkan artikel meski yang rutin ini bukan blogger yang saya kenal secara pribadi. Blogger yang saya kenal secara pribadi kebanyakan dari Komunitas Blogger Benteng Cisadane. Komunitas yang saya pelopori dan pernah saya ketuai ini sedang mati suri, bersama dengan mayoritas anggota-anggotanya.

Bagi blogger angkatan awal saat booming dulu, kegiatan berblogging ria menjadi tidak mudah saat ini. Beralihnya arus media dalam cara emnyampaikan informasi membuat media blogging menjadi pilihan kesekian. Platform lain yang lebih instan dan bising masih menjadi primadona dengan beragam merk. Hal ini membuat pilihan mencari artikel menarik meski mungkin tidak terlalu bermanfaat dlam segi isi tapi menghibur milik blogger semakin sedikit.

Jadilah saat ini tinggal segelintir blogger spartan angkatan lama yang masih rajin posting. Blogger baru memang masih muncul tapi tidak adanya kedekatan secara personal kadang membuat blogger tersebut hanya bisa saya nikmati beberapa artikelnya untuk kemudian terlupa sendiri.

Saat melakukan aktifitas blogwalking melalui kumpulan umpan yang saya punya, mata sepertinya seolah susah untuk mengalihkan dari nama-nama lama yang sudah malas memposting. Nama-nama baru yang secara kuantitas rajin posting akibatnya jarang dilirik dan angka artikel mereka yang semakin bertambah pada akhirnya akan berakhir dengan saya mengklik tombol “Mark all as read” saja tanpa dibaca dan tanpa merasa rugi.

Menarik juga apa yang akan dikatakan oleh Roy Suryo jika harus diminta komentarnya terkait trend blogging saat ini. Mungkin Roy akan tersenyum sambil dalam hati mengatakan “Apa gua bilang bro, ini cuma trend sesaat” dan kemudian menikmati kemenangannya menghadapi para blogger yang dulu ramai menghujat komentarnya dengan mengelap koleksi mobil antiknya.

3 thoughts on “Setelah Beberapa Bulan Kemudian

    • Payjo Desember 1, 2014 / 8:40 am

      Hooh, tiap Mbak Jum posting entah di blog sendiri atau yang berdua sama suami, saya pasti baca koq.

      • Payjo Juli 29, 2016 / 5:01 pm

        Bales komen ah.

Tinggalkan Balasan

