Pagedangan Dan BSD

Saat memutuskan untuk pindah mengikuti orang tua yang tinggal di daerah Pagedangan, saya agak ragu karena letaknya yang berada dipinggiran kota. Masuk dalam Kabupaten Tangerang, Pagedangan terletak dipinggiran kota mandiri Bumi Serpong Damai. Meski hanya berjarak tidak jauh dari BSD, sebuah kawasan kota mandiri yang dibangun oleh Sinar Mas Land, nyatanya pada tahun 2000 awal laju pembangunan Pagedangan memang lambat. Akses jalan yang menghubungkan Pagedangan dengan BSD dan Karawaci masih teramat buruk. Mungkin pemerintah daerah tidak bisa melihat adanya peran penting Pagedangan bagi kota yang lebih besar di sekitarnya.

Dampaknya warga Pagedangan kesulitan untuk memperoleh akses fasilitas umum semisal akses kesehatan. Untuk ke rumah sakit saja, rujukan utamanya adalah rumah sakit yang ada di daerah Kota Tangerang. Karena angkot jarang dan akses jalan buruk, si sakit harus berangkat sejak subuh dan saat tiba disana, antrian sudah mencapai angka ratusan. Tapi dalam lima tahun terakhir, pembangunan Pagedangan semakin meningkat. Hal ini juga dipengaruhi oleh ekspansi BSD dalam hal membeli lahan warga yang membuat harga tanah naik dan nilai ekonomis Pagedangan menjadi meningkat.

Perkembangan pesat BSD membuat fasilitas yang ada tidak hanya pemukiman dan pusat perbelanjaan. Kini sudah tumbuh banyak rumah sakit di daerah BSD dengan fasilitas dan kualitas yang baik.

Tahun kemarin kakak saya jatuh sakit. Vonis gagal ginjal sempat memukul kakak dan keluarga kami. Gagal ginjal mensyaratkan pasien harus secara rutin menjalani cuci darah di rumah sakit. Sempat bolak balik ke RS Fatmawati Jakarta, RS Selaras Cisauk dan RSUD Tangerang, kini kakak saya secara rutin mendapat fasilitas cuci darah di RS Medika BSD.

Hadirnya segala fasilitas terbaik di daerah BSD secara tidak langsung membantu dan mengangkat peran serta nilai dari daerah kecil seperti Pagedangan dan banyak lainnya. Kini Pagedangan bisa mendapat banyak keuntungan dengan pesatnya perkembangan pembangunan yang terjadi di BSD seperti lahan pekerjaan, fasilitas hiburan dan rekreasi, peluang usaha dan fasilitas kesehatan. Jika dulu banyak pemuda Pagedangan yang kebanyakan menganggur karena minimnya lahan pekerjaan dan tidak mampu meneruskan kuliah, kini banyak yang bekerja di pusat perbelanjaan seperti WTC Serpong, Teraskota maupun ITC BSD sambil menabung untuk meneruskan pendidikan. Akses hiburan warga Pagedangan yang biasanya hanya menonton pertunjukkan dangdut di hajatan juga memiliki tambahan pilihan lain dengan adanya XXI Blitz Megaplex dan 21. Rekreasi keluarga juga melimpah dengan adanya Taman Kota 1 dan 2 dan Ocean Park.

Meski ditujukan untuk para penghuninya, tapi nyatanya segala fasilitas yang ada di kawasan Bumi Serpong Damai bisa dinikmati pula oleh warga di daerah sekitar kawasan tersebut. Dalam bentuk yang paling sederhana, anak saya yang berusia dua tahun selalu terkagum dan menikmati pemandangan tiap kali melewati kolam air mancur yang sudah menjadi ikon kota BSD selama puluhan tahun.

Air Mancur BSD
Air Mancur Kota BSD

Artikel ini diikutsertakan untuk lomba blog yang diadakan oleh @sinarmas_land. Semua yang dituliskan dalam artikel ini berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi saya. Untuk info selengkapnya tentang lomba blog Sinar Mas Land yang berhadiah total Rp 300 juta maka bisa dilihat di sini: http://bit.ly/SMLinnovation

Sinar Mas Land

Jl. Grand Boulevard, BSD City
Tangerang 15345, Banten
Indonesia
Twitter | Facebook | Website

One thought on “Pagedangan Dan BSD

  1. nillajuminten November 30, 2014 / 4:11 pm

    Ah, sayangnya aku sudah beranjak dr BSD. ;P
    Sekarang tinggal ngikut suami di Depok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s